Jumat, 18 September 2015

SKY HUNTER BC-3006: VHF-AM AIRBAND REGENERATIVE RADIO RECEIVER


Deskripsi

Pesawat penerima radio regeneratif  'Sky Hunter'  BC-3006, merupakan pesawat penerima radio regeneratif, yang bekerja pada ban radio frekuensi 108 - 138 MHz, yang merupakan ban komunikasi radio 'airband' yang lazimnya digunakan antara pilot pesawat terbang dengan petugas pengatur lalu lintas udara (air traffic controller, ATC) pada suatu bandar udara tertentu. Untuk keperluan ini, digunalan emisi AM (amplitude modulation)

Gagasan awal disain (rancangan) enjinering pesawat penerima radio regeneratif 'Sky Hunter' BC-3006, berasal dari suatu rangkaian sejenis yang dilihat penulis pada suatu buku handbook elektronika terbitan sekitar tahun 1960-an. Sudah barang tentu rangkaian tersebut aslinya dibangun menggunakan tabung radio jenis trioda. Berdasar rangkaian kuno itulah rancangan elektronika pesawat penerima radio regeneratif 'Sky Hunter'  BC-3006 dibuat. Alih-alih dibangun menggunakan komponen tabung radio, rangkaian elektronika pesawat penerima radio regeneratif 'Sky Hunter'  BC-3006 dibangun menggunakan komponen 'generik' buatan masa kini, berupa transistor jenis NPN dan rangkaian elektronika yang dipadukan (integrated circuit, IC) jenis op-amp dan power op-amp yang mudah didapat pada masa sekarang.

Rangkaian elektronika utama pada pesawat penerima radio regeneratif (regenerative radio receiver) ini, dibangun menggunakan komponen aktif berupa transistor, jenis NPN, tipe 2SC829, atau persamaannya, pada rangkaian detektor regeneratif dan rangkaian penguat level sinyal frekuensi sangat tinggi (VHF RF amplifier). Kedua rangkaian ini, ditala menggunakan sebuah kapasitor variabel miniatur dua geng yang mempunyai nilai kapasitansi 5 - 275 pF. Rangkaian penguat level sinyal frekuensi sangat tinggi (very high frequency amplifier, VHF amplifier), dibangun dengan menerapkan sistem rangkaian 'basis yang dibumikan' (grounded base) yang unjuk-kerjanya terkenal baik dan stabil. Selain itu, guna memperoleh stabilitas unjuk-kerja, maka di antara kedua rangkaian penala (resonator), dipasang sekat atau perisai (shield) pelindung medan elektro-magnetis.

Sinyal audio yang dihasilkan oleh rangkaian detektor regeneratif, selanjutnya ditapis (disaring) pada rangkaian 'tapis frekuensi suara' (voice frequency filter, VFF). Dalam hal ini, lebar lajur frekuensi audio dibatasi, sehingga berada di dalam lajur frekuensi 285 Hz sampai dengan 2350 Hz. Hasil proses penapisan sinyal audio ini, selanjutnya diperkuat pada rangkaian pra-penguat sinyal audio, guna menaikkan level sinyalnya. Selepas diperkuat levelnya, sinyal audio tersebut kemudian diperkuat dayanya, pada rangkaian penguat daya audio, dan setelah itu hasil penguatan dayanya disalurkan ke lodspiker. Untuk keperluan penapisan, penguatan level, dan penguatan saya sinyal audio; digunakan komponen elektronika yang dipadukan (integrated circuit, IC) jenis 'quad op-amp' tipe TL074; serta jenis 'power op-amp', tipe LM386.




Aplikasi

Pesawat penerima radio regeneratif  'Sky Hunter'  BC-3006, secara khusus dirancang untuk digunakan sebagai sarana ajar bagi para siswa sekolah kejuruan, mahasiswa teknik elektro, peserta pelatihan, para anggauta KRAP, para anggauta amatir radio, hobies, teknisi, operator komunikasi radio, pramuka, para pendengar gelombang pendek (short wave listener, SWL), atau mereka yang menyukai elektronika. Guna menghindari salah sambung, maka proses perkawatan ditiadakan. Dalam kasus ini, potensiometer yang digunakan sudah dipasang secara langsung pada papan cetak (printed circuit board, pcb). Seluruh rangkaian elektronika pesawat penerima radio regeneratif ini, dibangun pada sebuah papan cetak (printed circuit board, pcb) satu sisi (single side), berbahan pertinax. 

Pada percobaan untuk menangkap pancaran sinyal radio 'airband' pada frekuensi 108 - 138 MHz, pesawat penerima radio ini dioperasikan menggunakan antena 'Slim JIM', yang dipasang ketinggian sekitar enam meter di atas permukaan tanah. Hasilnya, sejumlah besar pancaran sinyal radio yang berasal dari komunikasi antara pilot pesawat terbang yang sedang mengudara di atas angkasa Jawa Barat dengan petugas pengatur lalu-lintas udara (air traffic controller, ATC) yang berada di Bandara Hussein Sastranegara Bandung atau Bandara Sukarno-Hatta, Jakarta; dapat ditangkap secara mudah.




10 komentar:

  1. Artikel yang bagus dan menginspirasi OM Bram, Oh ya, mohon maaf, saya kira akan lebih baik jika resolusi gambar skemanya dibuat lebih tinggi lagi dan tidak pecah ketika dizoom. terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima-kasih Mas Rudik Wid.... Saya upayakan saran dan usulan Mas Rudik. Tapi ada sedikit persoalan, saat gambar yang besar itu di-upload, biasanya otomatis dikecilkan oleh admin situs...

      Hapus
  2. kalau ada produk yang sudah jadi saya mau pesan pak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sedang disiapkan Mas Hery. Kalau sudah siap, saya kabari deh...

      Hapus
  3. kalau ada produk yang sudah jadi saya mau pesan pak..

    BalasHapus
  4. hello
    I am interested to buy a kit
    jmramade@wanadoo.fr

    BalasHapus
  5. Thank you very much for your attention. The kits is not ready yet. If all of the kit ready, I'll send you message.

    BalasHapus
  6. saya minat pesan yang sudah jadi

    BalasHapus