Jumat, 18 September 2015

'NIGHT WATCHER', BC-3003: PESAWAT PENERIMA RADIO REGENERATIF GELOMBANG PENDEK



Deskripsi

Pesawat penerima radio regeneratif gelombang pendek 'Night Watcher' BC-3003 ini, merupakan pengembangan disain dari pesawat penerima radio regeneratif sejenis, yang bekerja pada ban radio frekuensi sangat tinggi (very high frequency, VHF); yang sudah lebih dulu dibuat. Rancangan pesawat penerima radio regeneratif ini, berdasarkan rangkaian pesawat penerima radio sejenis, yang ditampilkan pada suatu buku handbook elektronika terbitan sekitar tahun 1960-an. Ini merupakan pesawat penerima radio regeneratif yang amat sangat peka (sensitif) dan didisain bekerja pada radio gelombang pendek (short wave. SW)

Gagasan awal disain (rancangan) enjinering pesawat penerima radio regeneratif  'Night Watcher',  BC-3003, berasal dari suatu rangkaian sejenis yang dilihat penulis pada suatu buku handbook elektronika terbitan sekitar tahun 1960-an. Sudah barang tentu rangkaian tersebut aslinya dibangun menggunakan tabung radio jenis trioda. Berdasar rangkaian kuno itulah rancangan elektronika pesawat penerima radio regeneratif 'Night Watcher',  BC-3003 ini dirancang dan dibuat. Alih-alih dibangun menggunakan komponen tabung radio, rangkaian elektronika pesawat penerima radio regeneratif  'Night Watcher', BC-3003  dibangun menggunakan komponen 'generik' buatan masa kini, berupa transistor jenis NPN dan rangkaian elektronika yang dipadukan (integrated circuit, IC) jenis op-amp dan power op-amp yang mudah didapat pada masa sekarang.

Rangkaian elektronika utama pada pesawat penerima radio regeneratif (regenerative radio receiver) ini, dibangun menggunakan komponen aktif berupa transistor, jenis NPN, tipe 2SC829, atau persamaannya, pada rangkaian detektor regeneratif dan rangkaian penguat level sinyal frekuensi tinggi (HF RF amplifier). Kedua rangkaian ini, ditala menggunakan sebuah kapasitor variabel miniatur dua geng yang mempunyai nilai kapasitansi 5 - 275 pF. Rangkaian penguat level sinyal frekuensi tinggi (high frequency amplifier, HF amplifier) yang digunakan, menerapkan rangkaian 'basis yang dibumikan' (grounded base) yang unjuk-kerjanya terkenal baik dan stabil.

Pesawat penerima radio regeneratif 'Night Watcher', BC-3003, merupakan pesawat penerima radio gelombang pendek (short wave radio receiver), yang didisain (dirancang) secara khusus untuk bisa dirakit dan dibuat sendiri. 





Aplikasi

Julukan 'Night Watcher' mempunyai arti 'penunggu malam' atau 'penjaga malam'. Hal ini, sesuai dengan peran pesawat penerima radio ini yang oleh pemakainya bisa digunakan sebagai 'kawan begadang' pada malam-malam hari, saat ia bekerja, atau sibuk ngoprek, terutama bagi mereka yang punya kegiatan 'homebrewing' atau membuat sendiri berbagai perangkat komunikasi radionya.

Pesawat penerima radio regeneratif 'Night Watcher', BC-3003, secara khusus dirancang untuk digunakan sebagai sarana ajar (sarana belajar) bagi para siswa sekolah kejuruan, siswa pada pusat pendidikan elektronika dan komunikasi, peserta pelatihan (training), para anggauta KRAP (Komunikasi Radio Antar Penduduk), para anggauta amatir radio, hobies, teknisi, operator komunikasi radio, pramuka, para pendengar gelombang pendek (short wave listener, SWL), atau mereka yang menyukai elektronika. Guna menghindari salah sambung, maka sebagian besar proses perkawatan ditiadakan. Sebagai gantinya, proses perkawatan atau sambungan kabel (wiring) dilakukan secara langsung pada papan cetak (printed circuit board, pcb). Dalam kasus ini, misalnya potensiometer yang digunakan, dipasang secara langsung pada papan cetak(printed circuit board, pcb). Seluruh rangkaian elektronika pesawat penerima radio regeneratif ini, dibangun pada sebuah papan cetak (printed circuit board, pcb) satu sisi (single side), berbahan 'pertinax'. Pada pesawat penerima radio regeneratif ini, disediakan tiga terminal sambungan ke antena. Masing-masing merupakan terminal sambungan antena yang berimpendansi rendah, sedang, dan tinggi. Terminal antena yang berimpedansi rendah, digunakan untuk menyambungkan saluran transmisi antena berimpedansi 50 - 75 ohm. Terminal antena yang berimpedansi sedang, digunakan untuk menyambungkan saluran transmisi antena berimpedansi sekitar 600 ohm. Sedangkan terminal antena yang berimpedansi tinggi, digunakan untuk menyambungkan saluran transmisi antena 'random wire'

Pada pengujian fungsi dan unjuk-kerja, pesawat penerima radio regeneratif gelombang pendek 'Night Watcher', BC-3003 ini dilengkapi dengan sebuah antena 'random wire' sepanjang kira-kira 20 meter, yang dipasang setinggi kira-kira 4 - 6 meter di atas permukaan tanah. Pesawat penerima radio gelombang pendek ini bekerja pada wilayah ban radio frekuensi 6 - 23,5 MHz. Pancaran gelombang radio yang berasal dari sejumlah stasiun pemancar radio brodkas gelombang pendek dapat ditangkap secara mudah.

Di luar persoalan teknis (seperti telah diulas di atas), pesawat penerima radio regeneratif gelombang pendek ini menggunakan julukan (nick name) 'Night Watcher'. Julukan ini, artinya 'penunggu malam' atau 'penjaga malam'. Beberapa label pada pesawat penerima radio geombang pendek ini, menggunakan bahasa Belanda. Misalnya, 'regeneratieve korte golf ontvanger',  yang artinya 'pesawat penerima radio regeneratif gelombang pendek', adalah untuk mewakili citra (image) masa lampau. Memang, seluruh rancangan pesawat penerima radio regeneratif gelombang pendek ini, baik disain enjinering maupun disain produknya, dikonsepkan menerapkan citra (image) 'retro' ke masa-masa sekitar tahun 1930-an; yakni masa-masa keemasan pesawat penerima radio regeneratif, meskipun pesawat penerima radio ini dibangun menggunakan komponen elektronika mutakhir. Dalam pemahaman ini, pesawat penerima radio regeneratif gelombang pendek 
'Night Watcher', BC-3003 memang dirancang untuk menghidupkan kembali berbagai kenangan manis masa lalu. Serta, supaya pemakainya bisa ikut sedikit merasakan dan menghayati, bagaimana perasaan dan emosi para pengguna pesawat penerima radio regeneratif pada masa yang lalu. Ringkasnya, menggunakan pesawat penerima radio regeneratif gelombang pendek ini, pemakainya diharapkan bisa ikut terbuai dan kembali ke masa-masa sekitar tahun 1940-an dan sebelumnya....Pesawat penerima radio regeneratif 'Night Watcher', BC-3003, secara khusus dirancang untuk digunakan sebagai sarana ajar bagi para siswa sekolah kejuruan, siswa pada pusat pendidikan elektronika dan komunikasi, mahasiswa teknik elektro, peserta pelatihan (training), para anggauta KRAP (Komunikasi Radio Antar Penduduk), para anggauta amatir radio, hobies, teknisi, operator komunikasi radio, pramuka, para pendengar gelombang pendek (short wave listener, SWL), atau mereka yang menyukai elektronika. Guna menghindari salah sambung, maka sebagian besar proses perkawatan ditiadakan.  Sebagai gantinya, proses perkawatan atau sambungan kabel (wiring) dilakukan secara langsung pada papan cetak (printed circuit board, pcb). Dalam kasus ini, misalnya potensiometer yang digunakan, dipasang secara langsung pada papan cetak(printed circuit board, pcb). Seluruh rangkaian elektronika pesawat penerima radio regeneratif ini, dibangun pada sebuah papan cetak (printed circuit board, pcb) satu sisi (single side), berbahan 'pertinax'. 

Di bawah ini dilampirkan hasil rekaman video pesawat penerima radio regeneratif gelombang pendek 'Night Watcher', BC-3003, saat dilakukan percobaan penangkapan pancaran sinyal radio pada ban radio gelombang pendek.  


Rekaman video: https://www.youtube.com/watch?v=Sk6fQOo_rCI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar